Sabtu, 07 Mei 2011

Greetings Tradition


Setiap negara memiliki bahasa, budaya, serta adat istiadat yang berbeda-beda. Begitu juga dengan tradisi salam. Beberapa negara ini memiliki tradisi salam yang unik lho. Yuk, cari tahu!


1. Thailand
Wai adalah sebutan untuk tradisi memberi salam di Thailand. Salam yang disampaikan bukan sekedar sapaan saja, tapi juga sebagai simbol untuk ucapan terima kasih dan permintaan maaf. Cara menyampaikan salamnya adalah dengan mengatupkan kedua tangan seperti berdoa dengan kepala menunduk dan menyentuhkan ujung-ujung jari dengan hidung. Khusus untuk wanita, saat menunduk, lutut harus sedikit ditekuk ke bawah.

2. India
Kalau kamu sering menonton film India, pasti kamu tidak asing dengan kata Namaste. Dalam bahasa Sansekerta, Namaste berarti 'Saya membungkuk kepadamu'. Saat mengucapkan kalimat ini, badan harus dibungkukkan dan melakukan gerakan Anjali Mudra, yaitu dengan mengatupkan kedua tangan, lalu didekatkan ke dada. Tradisi ini memang sudah turun temurun, karena di India cewek-cewek dilarang berjabat tangan dengan cowok yang nggak dikenal.

3. Alaska
Dari sekian banyak tradisi salam dari berbagai negara, gaya menyapa yang paling terkenal tentu saja berasal dari Alaska. Di Alaska tradisi salam dikenal dengan istilah Eskimo Kissing. Cara melakukannya adalah dengan saling menggesekkan ujung hidung dengan lawan bicara. Filosofi dari salam ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa sayang di antara anggota keluarga atau yang dicintai.

4. Selandia Baru
Gaya sapaan di Selandia Baru terinspirasi dari tradisi suku Maori. Tradisi salam yang mereka gunakan disebut Hongi. Hongi ini sangat populer dalam kehidupan sehari-hari hingga dalam beberapa upacara adat. Cara sapaannya hampir mirip dengan Alaska, yaitu dua orang saling berhadapan, hidung bersentuhan lalu di tekan bersamaan. Cara ini membuat mereka percaya bahwa saat melakukan Hongi, berarti dua orang tersebut saling menukarkan nafas hidup.

5. Botswana
Kalau kalian berkunjung ke Afrika Selatan, jangan pernah lupa untuk menyapa orang yang kalian temui. Atau kalau tidak, kamu akan dianggap kurang sopan. Cara menyapa yang benar menurut mereka adalah dengan mengulurkan tangan kanan kita untuk bersalaman, sedangkan tangan kiri menyentuh lengan kanan kita. Biasanya kita juga harus mengucapkan dumela na saat menjabat tangan cowok, dan dumela mma saat kita menjabat tangan cewek.

Copas from Cosmo Girl, 16-04-2011
With ♥ : Shelly Andari

0 komentar on "Greetings Tradition"

Posting Komentar

 

Baby Babe ♥ Copyright 2008 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Supported by Tadpole's Notez